Profil Sekolah
Selamat Datang Di Portal SMK Kehutanan Kadipaten, Salah Satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kehutanan dengan Status Sekolah Bertaraf Internasional, Telah Terakreditasi A dan Telah Menerapkan ISO 9001:2008
Sekilas tentang SMK Kehutanan Kadipaten

    Ketersediaan Sumber Daya Manusia kehutanan pada jenjang tenaga teknis menengah sampai saat ini masih sangat terbatas jumlahnya. Sumber daya manusia pada jenjang tenaga teknis menengah sebagai ujung tombak dalam pembangunan sektor kehutanan harus memiliki kapasitas dan kompetensi memadai yang mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya untuk mengatasi kompleksitas masalah kehutanan yang terus berkembang.

    Upaya terobosan yang dilakukan Kementerian Kehutanan dalam menyiapkan ketersediaan SDM kehutanan yang berkualitas dengan menyelenggarakan pendidikan menengah kejuruan bidang kehutanan bertaraf internasional bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional sejak tahun 2008. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Kadipaten merupakan salah satu dari 5 (lima) SMK Kehutanan yang ada selain di Pekanbaru, Samarinda, Makassar dan Manokwari, yang dirancang lama pendidikannya adalah 4 tahun (8 semester) dengan berbagai keunggulan dan diharapkan dapat menyediakan tenaga teknis menengah mampu bekerja di berbagai bidang kehutanan.

    SMK Kehutanan merupakan SMK Umum dan bukan Sekolah Kedinasan. Kurikulum SMK Kehutanan dirancang dan disusun disesuaikan dengan kondisi serta tujuan dari suatu satuan pendidikan. Selain memuat kurikulum normatif dan adaptif sesuai dengan ketentuan Kementerian Pendidikan Nasional, juga dikembangkan kurikulum produktif sebagai mata pelajaran keahlian yang meliputi kelompok mata pelajaran: Perencanaan Hutan, Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Perlindungan Hutan dan Konservasi Sumberdaya Alam serta Pemanfaatan Hutan. Muatan lokal dan pengembangan diri diarahkan untuk mendukung mata pelajaran produktif serta pengembangan minat dan bakat siswa. Kurikulum dirancang sejalan dengan tuntutan perkembangan IPTEK dibidang kehutanan, sehingga lulusan yang dihasilkan dapat berkompetisi dalam dunia kerja dengan tidak meninggalkan ciri kemandirian sebagai seorang rimbawan.

    Lulusan SMK Kehutanan diarahkan untuk mampu bekerja mandiri atau bekerjasama dalam tim, mampu memenuhi kebutuhan tenaga teknis pada instansi pemerintahan, BUMN/BUMD bidang kehutanan, Perusahaan Swasta maupun Wirausaha kehutanan.

    Dalam mencetak lulusan yang berkualitas, bertanggung jawab dan memiliki integritas moral, SMK Kehutanan Kadipaten mengedepankan kedisiplinan sebagai pintu dalam meraih prestasi.





Home
TATA WAKTU 
PENERIMAAN SISWA BARU (PSB) 
SMK N KEHUTANAN KADIPATEN
TAHUN AJARAN 2012/2013

        Berikut ini tata waktu penyelenggaraan Penerimaan Siswa Baru tahun ajaran 2012/2013:

  1. Pengumuman Pendaftaran administrasi dari pada tanggal 13 - 15 Juni 2012.
  2. Siswa yang lolos seleksi administrasi akan dipanggil untuk pemberkasan pada tanggal 21 Juni 2012.
  3. Siswa yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti Tes Tulis dan Fisik yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 - 23 Juni 2012.
  4. Hasil Tes Tulis dan Fisik akan diumumkan pada Tanggal 29-30 Juni 2012.
  5. Siswa yang lulus Tes Tulis dan Fisik kemudian mengikuti Seleksi Psikotes dan Kesehatan pada Tanggal 2-3 Juli 2012.
  6. Hasil Seleksi Psikotes dan Tes Kesehatan akan diumumkan pada tanggal 6 Juli 2012.
  7. Pengumuman dapat didapatkan melalui website.